√ 10+ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan (Lengkap)

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan
10+ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan (Lengkap) - Manfaat minyak zaitun memang sudah tidak diragukan lagi, karena sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng yang lebih sehat. Tetapi selain itu, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh.

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun matang dan diproses, sehingga menghasilkan konsentrat lemak. Di dalam minyak zaitun mengandung berbagai jenis nutrisi. Mengandung 884 kalori 100 gram lemak total, vitamin E, omega 3, omega 6 dan masih banyak lainnya. Anda harus tahu manfaat minyak zaitun, sehingga bisa menggunakannya dengan baik. Lalu apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan? berikut penjelasannya :

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sudah banyak orang yang membuktikan khasiat minyak zaitun. Entah itu untuk kesehatan maupun kecantikan wajah. Tetapi sayangnya kini banyak minyak zaitun yang dipalsukan. Sudah dicampur dengan bahan lain, sehingga kualitasnya sudah tidak asli lagi. Oleh karena itu gunakan minyak zaitun asli, supaya mendapatkan semua manfaat berikut ini :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun sering digunakan untuk tambahan menu diet penderita jantung. Karena minyak zaitun bisa menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun bisa terhindar dari resiko penyakit kardiovaskuler. Seperti stroke, hipertensi, dan hiperlipidemia. Nutrisi didalamnya bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah, sehingga jantung lebih sehat.

2. Mencegah Risiko Alzheimer

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang berupa MCT dan oleocanthal. Senyawa tersebut termasuk asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut berpotensi mencegah risiko penyakit alzheimer atau demensia. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan di neurodegeneratif. Sehingga membuat seseorang linglung.

3. Mengobati Pankreatitis Akut

Penelitian yang dilakukan di university of granada spanyol, kandungan yang terdapat di minyak zaitun bisa mengobati tubuh dari infeksi akut. Kandungan hidroksitirosol dan asam oleat bisa membantu mengurangi perkembangan penyakit pankraatitis akut. Tentunya hal ini harus dilakukan secara bertahap dengan dibantu pengobatan lainnya.

4. Membuat Hati Lebih Sehat

Tidak hanya jantung yang harus dijaga kesehatannya. Anda juga harus menjaga kesehatan hati. Konsumsi minyak zaitun secara rutin, bisa menjaga kesehatan hati. Minyak zaitun dapat melindungi hati dari risiko penyakit kanker, jantung, stres oksidatif, gangguan sistem kekebalan tubuh dan lainnya.

5. Mencegah Peradangan Usus Kronis

Manfaat minyak zaitun bisa untuk mencegah peradangan usus kronis. Penyakit ini sekarang umum ditemukan karena pola makan yang salah. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, bisa membantu memerangi penyakit ini. Karena minyak zaitun mengandung asam oleat yang bisa mencegah senyawa aktif yang membuat peradangan usus semakin parah.

6. Mengatasi Rambut Bercabang

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi bisa berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan antioksidan tinggi, vitamin A dan vitamin E bisa membantu memperbaiki rambut yang bercabang karena sinar matahari atau lainnya. Minyak zaitun akan menyerap ke kulit kepala dan akar rambut, memberikan nutrisi dan menjaga kekuatannya. Sehingga bisa melindungi rambut dari berbagai penyebab rambut bercabang. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala sampai ujung rambut saat basah. Lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

7. Mengurangi Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang bisa dialami siapa saja. Membuat rambut terasa gatal dan cepat lembab. Bila selama ini, Anda sudah menggunakan berbagai shampo tetapi tidak bisa menghilangkan ketombe. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun. Campur minyak zaitun dengan air lemon, kemudian ratakan di bagian kulit kepala. Pijat perlahan supaya semua nutrisinya masuk ke dalam kepala. Biarkan selama 20 menit lalu bilas bersih. Kandungan yang terdapat di minyak zaitun dan lemon, akan membantu menghilangkan ketombe di kulit kepala.

8. Membuat Rambut Lebih Sehat Alami

Rambut merupakan sebuah mahkota yang harus kita jaga kesehatannya. Salah satu cara mengembalikan kesehatan rambut yang rusak dengan menggunakan minyak zaitun untuk rambut. Minyak zaitun ini bermanfaat untuk rambut, Karena minyak zaitun kaya akan antioksidan, vitamin A, Vitamin E dan Vitamin K. kandungan tersebut mampu melindungi keratin rambut dan membuat rambut lebih lembab. Keratin merupakan protein rambut yang menjaga rambut dari kerusakan dan stres.

9. Mencegah Risiko Depresi

Depresi menjadi penyakit yang mudah ditemui saat ini. Bisa dipengaruhi karena lingkungan, pola makan, pola hidup dan lainnya. Menurut sebuah penelitian, orang yang banyak konsumsi makanan tinggi lemak trans. Seperti makanan ringan kemasan atau makanan cepat saji memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi. Sedangkan orang yang konsumsi makanan sehat, memiliki risiko lebih rendah. Minyak zaitun merupakan minyak sehat sebagai pengganti minyak goreng lainnya. Apalagi minyak zaitun mengandung nutrisi yang tinggi, sehingga bisa menurunkan risiko depresi.

10. Mencegah Kanker Payudara

Salah satu fungsi minyak zaitun adalah mencegah kanker payudara. Peneliti dari universitas autonoma de barcelona, menemukan bahwa minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari tubuhnya kanker payudara. Khasiat ini tidak bisa ditemukan pada minyak nabati lainnya. Seperti minyak jagung, yang bisa meningkatkan keganasan sel kanker. Kandungan di dalam minyak zaitun, bisa mempercepat kematian sel kanker, mencegah kerusakan DNA dan mengurangi aktivitas sel kanker.

11. Menjaga Berat Badan

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan berat badan ideal. Menderita obesitas memiliki resiko lebih tinggi terkena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, Anda harus menjaga berat badan. Lemak yang terdapat di minyak goreng, menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Tetapi berbeda dengan kandungan lemak di minyak zaitun. Konsumsi dalam jumlah banyak tetap aman bagi tubuh dan tidak menyebabkan kegemukan. Anda bisa mengganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun, supaya lebih sehat dan berat badan terjaga.

12. Mencegah Risiko Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 sangat mudah dijumpai, karena banyak orang yang menerapkan pola hidup tidak sehat. Diabetes juga bisa disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh. Peradangan juga bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya. Seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, kanker, alzheimer, obesitas dan lainya. Kandungan di dalam minyak zaitun bisa mengurangi peradangan. Antioksidan bekerja seperti obat ibuprofren, yang membantu mengobati peradangan. Minyak zaitun, bisa mengendalikan gula darah di dalam darah, sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

13. Obat Rematik

Penyakit rematik atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang membuat nyeri dibagian sendi berulang. Konsumsi minyak zaitun bisa membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendiri. Apalagi dikombinasikan dengan minyak ikan, bisa membuat rematik cepat sembuh. Karena kandungan asam lemak omega tiga, akan mengurangi peradangan di dalam tubuh. Anda bisa mencampurnya ke makanan yang Anda konsumsi setiap hari atau konsumsi langsung.

14. Membuat Usus Lebih Sehat

Bila usus kita sehat, maka penyerapan nutrisi baik dan sistem pencernaan lancar. Pencernaan yang sehat, bisa membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya. Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri, yang bisa membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di usus. Salah satunya membunuh bakteri helocobakter pylori, yang menyebabkan kanker perut atau lambung.

15. Mencegah Osteoporosis

Manfaat minyak zaitun bisa digunakan untuk kesehatan tulang. Yaitu mampu mencegah penyakit osteoporosis. Konsumsi minyak zaitun membantu meningkatkan jumlah kalsium di dalam darah, sehingga tulang lebih sehat dan mencegah penyakit osteoporosis.

16. Merawat Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yaitu dapat merawat kesehatan kulit wajah.
Memiliki kulit yang sehat, bisa terhindar dari berbagai masalah. seperti kulit kering, jerawat, kusam dan lainnya. Minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah. Sehingga bisa menyembuhkan kulit yang gatal, kering atau iritasi kemerahan. Minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan peradangan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke kulit atau mencampurkan ke air hangat dan gunakan untuk mandi.

17. Menghilangkan Kulit Mati di Wajah

Salah satu kegunaan atau fungsi minyak zaitun untuk wajah dapat menghilangkan kulit mati.
Kulit mati harus dihilangkan, supaya wajah lebih sehat dan cerah. Untuk menghilangkan kulit mati harus melalui proses scrub. Salah satu scrub wajah alami bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan garam laut. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kulit mati di wajah cukup mudah dengan cara mengoleskan minyak zaitun secara merata ke wajah, lakukan pemijatan dan bilas sampai bersih. Perawatan secara rutin, akan membuat kulit wajah lebih lembab dan halus.

18. Pembersih Make Up Alami

Kita harus rutin membersihkan wajah, supaya terhindar dari berbagai masalah kulit. Apalagi Anda selalu memakai make up setiap harinya. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai pembersih make up alami. Cocok buat Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat. Lebih aman dibandingkan pembersih wajah lainnya. Nah, cara memakai minyak zaitun untuk wajah Anda bisa oleskan secara merata minyak zaitun ke wajah, kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas. Lakukan pembersihan ulang dengan facial wash supaya lebih bersih.

19. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menjengkelkan. Terkadang sulit dihilangkan dan selalu muncul kembali. Cobalah untuk menggunakan perawatan minyak zaitun. Kandungan di dalam minyak zaitun, mampu mengatasi masalah jerawat. Membuat jerawat lebih cepat kering dan menghilangkan bekasnya. Oleskan minyak zaitun pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Gunakan malam hari sebelum tidur, lalu bilas pagi harinya. Penggunaan secara rutin, akan membuat jerawat cepat hilang dan kering.

20. Mengatasi Selulit

Ibu hamil yang sudah memasuki trimester terakhir, pasti akan muncul selulit. Setelah proses melahirkan akan sulit dihilangkan. Selulit juga muncul pada orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan. Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi selulit. Membuat selulit cepat memudar dan hilang. Oleskan minyak zaitun di bagian kulit selulit secara rutin setiap harinya.

Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun Dengan Benar

Saat ini banyak merk minyak zaitun yang dipalsukan. Di campur dengan bahan lain, supaya lebih tahan lama. Oleh karena itu Anda harus memilih dengan hati-hati minyak zaitun di pasaran. Pilihlah minyak zaitun yang dikemas dengan menggunakan botol kaca gelap atau kaleng. Karena botol kaca bening, bisa tembus sinar matahari. Bila minyak zaitun terkena paparan sinar matahari terus menerus, akan membuat komposisi dan citarasanya rusak.

Selain itu pilihlah botol yang bertuliskan “extra virgin olive oil”. Karena ini menandakan produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Bila bertuliskan “murni”, bisa menandakan kualitas produknya rendah. Pastikan ada tanggal panen dan masa kadaluwarsanya. Akan lebih baik untuk memilih produk yang organik, karena lebih bagus dan aman digunakan.

Demikianlah artikel 10+ Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan (Lengkap). Itulah informasi tentang manfaat minyak zaitun. Minyak zaitun ini memang memiliki manfaat banyak sekali. Entah itu untuk kesehatan atau kecantikan.

Semoga informasi yang penulis berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Jangan lupa bagikan artikel ini agar yang lain juga dapat manfaat yang sama, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.